17 June 2015

Doa Setelah Adzan

Sumber gambar dari google.com dengan keyword "doa setelah adzan", lupa alamatnya :D

Doa setelah adzan ini, kalau nggak salah ingat, pertama kali diajarkan waktu TPA. Namanya pun anak TPA ya, baca doanya serupa burung beo, asal bunyi nggak paham arti. 
Lalu beberapa waktu kemudian, banyak stasiun TV yang menyiarkan doa ini plus artinya setiap hari setelah adzan maghrib. Harusnya jadi paham artinya bukan? Oh sayangnya belum banyak kemajuan dari waktu TPA, masih sekedar autopilot aja dibaca setelah adzan. Kalau lagi sedikit eling kadang ditambah agak mikir, "Ini doa isinya apa ya? Oh doain Nabi Muhammad SAW", titik. Kemudian sekian belas tahun berlalu dengan baca doa autopilot. Hiks. 

Baru kemarin-kemarin ini saya mulai mendengarkan serial sirah nabawiyah yang disampaikan Syaikh Yasir Qadhi. Episode pertamanya tentang kekhususan dan keutamaan Nabi SAW, di antara isinya adalah pembahasan makna "washilah wal fadhilah" dan "al maqam al mahmud" yang disebut dalam doa setelah adzan. 

Washilah wal fadhilah, dalam penjelasannya Syaikh Yasir Qadhi, merujuk pada satu tingkatan di surga. Beliau jelaskan tingkatan-tingkatan di surga itu semacam piramid, semakin atas semakin tinggi tingkatannya, dan semakin sedikit penghuninya. Washilah wal fadhilah adalah satu level di surga yang hanya diisi oleh satu orang saja. Puncak dari level ini adalah surga firdaus, yang ada di bawah 'arsy Allah. Ketika mendengar hal ini, Nabi SAW berdoa (out of his humbleness) agar beliaulah yang mendapatkan tingkatan ini. 
Lalu tentang al maqam al mahmud. Hari kiamat adalah kejadian yang sangat berat dan sangat lama. Sangat-sangat berat, sangat-sangat lama. Umat manusia saat itu merasa, the tense is too high, whatever shall come after this better just come quick. Lalu umat manusia menghadap ke Nabi Adam, agar meminta pada Allah untuk segera mengakhiri hari itu. Nabi Adam menolak karena merasa beliau berdosa, sudah memakan buah yang dilarang. Beliau menyuruh umat manusia menghadap ke Nabi Nuh, yang juga menolak karena merasa berdosa. Lalu Nabi Ibrahim, Nabi Musa, lalu Nabi Isa, yang semuanya menolak karena alasan yang sama; merasa berdosa. Nabi Isa memerintahkan umat manusia agar menghadap Nabi Muhammad SAW dan mengajukan permintaan mereka pada beliau, yang kemudian disambut dengan ucapan "Ana laha, ana laha".  This is my job jawab beliau. Lalu beliau menghadap Allah untuk menyampaikan permintaan umat manusia. Maka saat itu seluruh umat manusia, literally seluruh umat manusia karena saat itu kan nggak ada lagi manusia yang mengingkari, menyanjungkan pujian pada beliau SAW. Inilah yang dimaksud dengan al maqam al mahmud, kedudukan yang terpuji. 

Satu waktu, saya pernah bertanya dalam hati; kenapa kita dicontohkan untuk mendoakan Rasulullah SAW yang sudah jelas akan masuk surga. Hiks hiks (ini sedih karena ketidaktahuan). Setelah sebegitu berat pengorbanan dan sebegitu besar cinta beliau untuk umatnya, doa dan shalawat adalah diantara hal yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan keimanan terhadap beliau shalallahu 'alaihi wa salam. Semoga setelah ini, setiap doa setelah adzan dan shalawat yang terlisan atau dibaca di dalam hati, terlantun sepenuh kekhusyukan, sepenuh kecintaan. 

Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala ali Muhammad.

***

Oh iya, versi mp3 dari kajian sirah nabawiyah oleh syaikh Yasir Qadhi bisa didowload di sini:
http://seedsofguidance.com/yasir-qadhi-lectures/. 
Syaikh Yasir Qadhi ini murid langsung dari Syaikh Shafiyurrahman Mubarakfuri. Iya murid langsung. One to one .  Aaaak! Iri? Sama atuh saya juga iriii hiks. Pengen belajar sama para 'alim ini ya Allah, aamiin. 

2 comments:

indah said...

Me like this! Subhanallah, saya kemana pas episode awal awal ini,, padahal udah sampe episode 74 sekarang teh, hiks..
Jazakillah khayr ilmunya Teh,, juga link nya, selama ini nyari versi MP3 tapi ga nemu nemu :) :)

Putri Setiani said...

Yang mp3-nya ada beberapa episode yg ilang tapi ndah, nggak selengkap di youtube. Terbatas juga sampe episode 60an kalo gak salah, belum nemu lagi link yanh lain. Mudah2an ada lagi yang update sampe episode terbaru.
Waiyaki :) :)