24 January 2014

Dede v2.0

Kehadiran Dede baru kami ketahui di suatu sore, beberapa hari setelah pulang dari Arab akhir tahun lalu. Reaksi Aa? Senang dan bahagia serta gembira ria banget dong. Bilang alhamdulillah tak henti-henti. :D
Reaksi saya? Iya bahagia juga dong, banget. Hanya sekaligus agak pening membayangkan bahwa selama kegiatan di Arab, Dede juga ikutan pola hidup ala survival. Tidur di tenda, desek-desekan, bermalam di pinggir jalan.
Oh Dede, kenapa nggak bilang kalau Dede waktu itu ikut, Nak? Kenapa? *Ya kali, Ti..*

Besoknya saya sama Aa pergi ke klinik yang sama dengan yang dulu kami kunjungi. Selain karena kliniknya nyaman dan stafnya ramah-ramah, dokternya juga mirip pemain dorama favorit saya dan Aa (penting abis). Hari itu adalah pertama kali saya melihat dede yang masih keciiil sekali di layar USG. Bu Dokter menunjukkan detak jantung Dede di monitor. "Heartbeat?", tanya saya sama Bu Dokter, untuk meyakinkan diri sendiri. "Yes", katanya. Iiiiih, ada Dede. Assalaamu'alaikum, Nak.. :').
(Sebentar, saya pura-pura ambil tissue dulu untuk lap air mata. Biar dramatis.)

Enam minggu usianya waktu pertama kali periksa, sekarang Dede hampir 19 minggu. Sudah memasuki trimester kedua kehamilan.

Trimester pertama, alhamdulillah nggak sampai mual-mual hebat, hanya sedikit mual dan agak pusing saat pagi dan kalau perut dibiarkan lapar. Hal lain yang terasa adalah badan yang lebih cepat lelah, terlebih kalau nggak ngapa-ngapain. Iya, kalau seharian tiduran terus, badan rasanya malah capee banget. Kalau beraktivitas malah terasa lebih segar :D. Nafsu makan? Aduh saya nggak paham, itu faktor perubahan cuaca yang makin dingin, kebutuhan Dede, atau memang sayanya aja yang doyan; tapi makannya jadi banyak sekali. Untunglah sebelumnya saya termasuk underweight (yang sudah pusing karena nggak berhasil melulu naikin berat badan), jadi ada lebihan jatah kenaikan berat badan selama hamil :D. Di sini kontrol kenaikan berat badan selama hamil memang termasuk ketat, nggak boleh kebanyakan.
Sebetulnya ada satu hal lagi yang terasa: malas mandi. Tapi sejauh ini saya tidak menemukan artikel yang menyebutkan bahwa itu adalah bagian dari symptom kehamilan. Jadi dengan terpaksa saya akui kalau itu hanyalah kemalasan pribadi. Dan faktor musim. :P
Alhamdulillah trimester pertama lancar terlalui. Dede pun genki, kata dokter. :) Terima kasih ya, anak soleh. Sini dicium dulu, muah!

Trimester dua, bagaimana rasanya?
Sejauh ini alhamdulillah lancar juga. Mual sudah nggak terasa, badan pun lebih segar walaupun masih belum bisa diajak main badminton atau jogging lagi. Padahal Kate Middleton aja kan masih main pingpong waktu hamil 6 bulan. (Uti, please..)
Nafsu makan? Sama aja kayak waktu di trimester pertama, makannya banyak  :D. Bedanya, kalau di trimester pertama indikator harus segera makan adalah rasa mual, di trimester kedua ini indikatornya colekan Dede. Iya, ini si anak kecil udah terasa colekannya sejak sekitar minggu ke 16, hihi. Salah satu artikel menyebutkan biasanya gerakan janin mulai terasa di usia sekitar 18 minggu, tapi semakin kurus ibunya, semakin cepat juga terasa gerakannya. Oh, baiklah.
Biasanya, kalau terasa Dede sedang tepuk-tepuk, sebisa mungkin segera saya usap disayang-sayang. Kemudian suatu hari saya sedang iseng, Dede tepuk-tepuk dan saya cuekin hihihi, ingin tahu reaksinya. Ternyata dia istiqomah tepuk-tepuk terus! Setelah saya usap baru dia berhenti. Hahaha, lucu amat sih, Naak.. Malamnya saya ceritain sama Aa, kemudian saya diomelin, lain kali cepet diusap aja katanya. Ih, kan cuma iseng. :P
Kemudian, hobi Dede sekarang adalah joget dan senam. Makin sini Dede makin pinter dan sering joget dan senamnya. Yang bodor, beberapa kali, pas waktu saya pasang earphone untuk denger radio, Dede ikut joget-joget di perut. Sekitar usia ini kan memang katanya janin sudah bisa mendengar, tapi masa iya bisa denger suara dari earphone yang dipasang di telinga ibunya? Saya cek di beberapa artikel, dan ternyata jawabannya ngga bisa kedengeran. Yang terdengar ya suara di luar.
Terus kenapa Dede jogetnya pas banget waktu saya baru denger radio? Ini masih menjadi tanda tanya. Yang pasti hobi joget ini tentunya turunan dari bapaknya, karena ibunya kan kalem :P.  

Baru hari Sabtu kemarin kami periksa lagi ke dokter, berharap udah bisa tahu gender-nya biar bisa siapkan nama dan mulai beli baju lucu-lucu, hehe. Tapi belum terlihat jelas kata Bu Dokter, baiklah kita tunggu saja. Selebihnya sih, Dede dan saya pun sehat alhamdulillah. Sehat terus yaa, anak soleh kesayangan. :*

Mohon doanya yaa, agar semuanya lancar sehat selamat dan bahagia sampai Dede lahir dan setelahnya juga. Terima kasiih.

"Ayo Ibu, Papa, Nenek, Kakek, Tante, Oom, Kakak dan temuanya, belsama Dede kita babalimatchuuu!!!"
(Itu Dede ngajakin semuanya ganbarimasu katanya, hihi. Marii! :D) 

4 comments:

zwartehondster said...

akyu juga malas mandi selama hamil :3
culameeettt tante utiiiww, sing sehat semuamuanya nanti main sama nanu yaaa :D

putri setiani said...

hahaha tos dulu teh! sama kan ya awal hamilnya pas sekitar winter *cari pembenaran :P*
timakaci tante tipaa, aamiin.. iya nanti mau banget main sama neng nanu. Liat poto-potonya gemes banget, paporit saya yag kaya cover kaset hahaha :D

apppppppit said...

teh uti.. barakallah.. semoga dedenya sehat, ibunya juga sehat.. :)

mecaonic said...

aaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkk, selamatttttt :* :* :*

semoga dede, ibu dan bapaknya sehat2 hepi2 slalu yaaa :D