14 June 2012

Balada Si Obat Cacing

Minggu kemarin Aa sakit. Awalnya badannya demam tinggi sambil menggigil, ditambah kepala nyut-nyutan yang sakit banget katanya. Diperiksa ke dokter, yang saya ngerti dari yang dokter bilang cuma 'tenggorokannya merah', mungkin maksud dokternya radang tenggorokan ya, entahlah. Aa dikasih antbiotik sama obat penghilang sakit.
Terus habis ke dokter saya baru nyadar, dari gejalanya kayaknya sih mirip gejala tifus. Kemudian saya panik, dan risau dan bimbang dan kawan-kawan. Soalnya, ketenaran si bakteri Salmonella typhii kan nggak sampe ke Jepang sini; penyakit tifus nggak (lazim) ada di Jepang. Bageimanakah ini?? Curiga dokternya nggak familiar sama gejala tifus. Udah hari ke-4 sakitnya dan demamnya masih naik turun nggak stabil, kalau malem demam sambil menggigil, makanan nggak ada yang bisa masuk.
Kemudian saya mendapat wangsit (dari teman-teman di facebook) bahwa konon kalau di Indonesia, obat yang tenar buat tifus adalah obat cacing. Lah di sini mana ada kan obat begitu. Terus saya minta tolong Teteh sama Andy, adiknya Aa, buat ngirimin itu si obat cacing pake jasa pengiriman yang paling cepet. Katanya sekitar 3 hari bisa sampe, tumbuh suburlah harapan di hati pada si obat cacing. Semoga Aa bisa cepet sembuh kalau makan obat ini.
Tapi ternyata setelah nanya sama beberapa agen pengiriman, obat cacing nggak bisa dikirim ke Jepang, akan ditahan di imigrasi. Baiklah saya mulai setres dan putus asa (bohong ketang, setresnya mah udah dari kapan tau :P). Dalam kondisi begitu, selewat saya baca status facebook seorang teman, isinya kurang lebih tentang keajaiban hidup yang datang pada mereka yang percaya. Dengan skeptis dan songongnya saya ngagerentes dalam hati, "semacam keajaiban tiba-tiba bisa ada obat cacing di sini maksud lo?!". Putus asa sama si obat cacing, saya pasrah menerima kenyataan yang ada, minum obat yang dikasih dokter aja lah, mudah-mudahan bisa cepet sembuh. Padahal yang nyembuhin mah cuma Allah yah, bukan dokter bukan cacing. *jitak pake cukil*
Siang-siang setelah kesekian kalinya gagal nyuapin Aa (makanannya ngga masuk juga), saya berangkat ke kampus sambil leuleus lunglai. Sepanjang jalan saya nunduk liat ke bawah, mana tau ada cacing lewat yang bisa saya tangkep terus direbus buat obat (Ini dramatisasi, kapan-kapan deh ya saya berani megang dan ngerebus cacing hidup).

Eh menjelang sore tiba-tiba ada sms dari Aa.
"Sy baru inget ada obat dari cacing yg dulu diminum Andy waktu dia sakit jg. Dan sy inget klo sy nyimpen di kotak first aid sy yg di tas darurat, sdh sy bongkar dan ada, blm dibuka"
...
...

Oh rasanya mau ngagulutuk dari tangga. XD Malu Gustiii, saya teh bisanya ngeluh doang..

Yang nyembuhin mah cuma Allah. Sekedar urusan mengadakan obat cacing mah aah, nggak remeh2 acan. :D

2 comments:

Sun said...

idih si teteh aya-aya wae, meni riweuh pisan nya teh...
salam kenal...
followback ya...

Feranisa Prawita Raras said...

hihihi ada-ada aja uti..