08 May 2016

Toilet Training

Sejak beberapa bulan lalu, si ibu maju mundur mengenai kapan Sorai akan mulai toilet training. Maju mundurnya baru dalam pikiran sih tapi, belum ada tindakan nyata karena si ibu tea suka segala dipikirin duluan. Sehari anak bisa pipis 4-5 kali kan.. Jadi yang terbayang ketika memikirkan toilet training adalah harus beli seenggaknya setengah lusin kain pel, satu atau dua lusin celana rumah, juga sprei waterproof. Belum lagi ada yang namanya training pants, walaupun belum tau gimana fungsinya, dan juga toddler potty seat. Dompet ibu pun terasa pening, maka sudah lah nanti lagi aja ya. 

Lalu semuanya berubah ketika negara api menyerang! Itu mah avatar. 
Kisahnya bermula sepulang jalan-jalan dari Pantai Jonggring. Sepanjang perjalanan kan riweuh tuh, ya berimbas pada ga sempetnya ganti popok Sorai. Keesokan harinya, kulitnya ruam paraah, sampe kasian liatnya. Biasanya kalo ruam sedikit atau sedeng doang sih si ibu tetep aja pakein popok, paling lotion anti ruamnya yang dibanyakin (grin). Tapi yang kali itu mah nggak tega, sampe akhirnya ketok palu, wis lepas popok aja. Niatnya sembuhin si ruam, perihal anaknya sekalian toilet training itu mah bonus aja ga usah dipikirin dulu, biar ga rieut :p. Hari-hari pertama tentu saja penuh dengan ompol di seluruh penjuru rumah. 

Tanpa sempet nyiapin peralatan tempur tambahan, berikut ini hal yang si ibu jalani. Nyuci baju yang kena ompol tiap sore, karena takut besok-besoknya nggak ada celana. Untuk membuat hidup lebih mudah, seperti saran neneng acit, disediakanlah seember air diisi deterjen untuk melempar baju yang kena ompol, biar sore tinggal kucek-kucek aja. Lalu karena persediaan lap terbatas, setiap habis dipake lapnya langsung diguyur air dan dijemur, insyaAllah si lap sudah kembali bersih dan suci, siap digunakan untuk ngelap ompol berikutnya :p. Oh iya, di awal-awal Sorai lepas popoknya cuma siang aja, malem tetep dipakein (ciee yang katanya kasian liat anaknya ruam), karena kalo harus kebangun karena bajunya basah juga kasian kan (not to mention harus nyuci sprei dan jemur kasur super berat). Setelah udah lumayan bisa bilang kalo mau pipis, dan tentu setelah beli perlak, baru si ibu berani lepas popok di malam hari. 

Sepengamatan si ibu, toilet training kemarin terbagi beberapa fase: 
◎ Apa itu pipis
Namanya pake popok dari sejak lahir, anaknya kayanya nggak tau apa itu pipis. Dan dari bayi pun anaknya ga sensitif soal popok yang basah/kotor, cuek ajaa. Jadi mungkin pipis kayak bernapas aja, unconcious act :D, jadi fase pertama adalah memahami definisi dan real feel-nya pipis. 
◎ Belajar rasanya mau pipis 
Setelah tau apa itu pipis, selanjutnya anaknya belajar menyadari bahwa sebelum pipis ada rasa mau pipis. 
◎ Belajar kalau udah ada rasa mau pipis, harus ditahan sampai bisa pipis di toilet 
Lama-lama anaknya ngerti bahwa rasa mau pipis bisa ditahan, dan kalo nggak ditahan akan mengakibatkan basahnya baju dan lantai, yang kemudian harus diganti dan dibersihkan. Bisa deh pipis di toilet, mudah-mudahan istiqomah. 

Yang dilakukan oleh si ibu adalah apa yang ada di tips toilet training di seluruh penjuru website toddler parenting: 
◎ Bagaikan kaset macet, mengulang-ulang bilang kalau pipis itu di toilet, bilang sama ibu/papa kalo mau pipis, dari sejak anaknya baru bangun sampai mau tidur lagi. Oh iya, di awal-awal saya sempet kebalik, yang ditekankan adalah "kalo mau pipis bilang ibu ya", hasilnya anaknya bilang sih tapi pipisnya tetep ga di toilet. Tepok jidat. Baru si ibu sadar bahwa poin utamanya pan pipis di toilet, bukan bilang sama ibu. 
◎ Mengapresiasi tiap kali anaknya berhasil pipis di toilet. Efek sampingannya sekarang anaknya otomatis bilang sendiri "pinteer" setelah pipis, hahaha. 

Masih harus ngajarin ini dan itu, tapi alhamdulillah sekarang pake popoknya tinggal kalo keluar rumah dalam waktu lama aja. Peralatan yang dibeli pun jadinya cuma perlak, seharga dua puluh delapan ribu rupiah, alhamdulillaah (tangan kanan elus-elus Sorai, tangan kiri elus-elus dompet :p). 
Untuk para ibu yang akan dan sedang menjalankan toilet training, semoga diberi kemudahan :).

2 comments:

dhyah said...

sorai udah pinter ngomong ya teh? berapa taun sihhh? belum pernah ketemuuu

Vuterlanik said...

Sorai sekarang 23 bulan, Dhyah.. Beda 6 bulanan ya kayanya sama Azzam? Kalo kalimat mah belum, baru potongan-potongan kata :)