05 December 2015

Sambel

Saya nggak bisa masak, dan nggak suka masak. Despite the fact that I cook almost every day, lima tahun nikah tidak membuat skill saya bertambah secara signifikan dalam bidang ini. I only enjoy the after-cooking-feeling when the result is miraculously delicious, yang diantaranya ditandai dengan Aa makannya enak banget sampe nambah nasi berkali-kali. Kalau sudah begini, byaar hilang sudah penat sehabis masak. Sayangnya hal ini terjadinya jara(aaa)ng sekali(iii). Ibaratnya kalau frekuensi masak itu sesering munculnya mad thabi'i, yang miraculously enak itu sejarang kehadiran mad lazim mukhaffaf kalimi. Eaa. 
Di antara pemicu terjadinya kejadian yang jarang ini adalah kalau bikin sambel. And yes, saya baru mulai kenalan sama bikin sambel di tahun kelima pernikahan. Kemana aja Mbak'e?
Jadi gini looh, tadinya itu saya nggak suka pedes kan, jadilah nggak bisa bikin sambel. Ndilalah, sekalinya Bu Yati nginep di rumah dan ngajakin nyambel penyet, langsung ketagihan, haha.
Maka untuk dokumentasi pribadi karena takut lupa, atau barangkali ada yang bernasib seperti saya di dapur (semoga nggak ada), saya tulis saja dua resep sambel ini.  InsyaAllah fail-proof, karena mudah sekali.. li.. li. 


Sambel penyet

Bahan (porsi 2-3 orang):
1 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 tomat ukuran sedang, (diameter 4-5 cm) belah jadi 4
1 bungkus terasi
2-4 cabe rawit
1 jeruk purut 
garam (seujung sendok makan)
gula (satu sendok makan)


Cara: 
Goreng bawang merah, bawang putih, tomat, terasi dan cabe rawit. Sebentar aja, sekitar 1 menit. Ulek semua bahan plus perasan jeruk purut. 
Sajikan dengan ayam, tempe atau tahu goreng. Lengkapi dengan selada air (yang daunnya kecil-kecil itu) yang digoreng/ditumis sebentar aja sampai agak layu. Hidangkan dengan nasi yang baru matang. Syedaap.


Sambel kacang


Bahan (porsi 2-3 orang):
1 sendok makan ketumbar 
3-4 sendok makan kacang tanah
2 siung bawang putih
0.5-1 cm kencur
1 helai daun jeruk dipotong tipis  
2-4 cabe rawit 
gula merah gerus (2 sendok makan)
garam (seujung sendok makan)


Cara: 
Sangrai ketumbar.
Sangrai/goreng kacang tanah.
Rebus bawang putih, kencur, daun jeruk dan cabe rawit. Sebentar aja, sekitar 1 menit.
Ulek semua bahan.
Kemaren bikinnya untuk cocolan bala-bala (ala mamang-mamang yang dibikin agak gosong dikit biar kres-kres). Sama nasi panas. Haaaah jadi laper.


Sekian. Semoga bermanfaat! 

No comments: